Selasa, 31 Mei 2022

Alasan Kenapa Harus Belajar Matematika

Bismillahirrahmanirrahim,


Dulu, jika ditanya pelajaran yang paling tidak saya sukai adalah MATEMATIKA. Entah kenapa kok aku kurang suka saja gitu, padahal bisa kok mengerjakannya. Saya tuh lebih suka belajar bahasa, kurang suka hitung - hitung an, eh tapi masuk sekolah malah jurusan Akuntansi, yang mana hitung - hitung an nya lebih memusingkan, haha. 




Tapi nyatanya, memang pelajaran matematika itu banyak dihindari oleh anak - anak kelas SD,SMP bahkan SMA . Males kali ya ngurusin rumus yang rumit dan bikin migrain. kadang suka mikir, aduh buat apaan sih belajar matematika palingan untuk hitung uang atau transaksi jual beli apa yah. Tapi kalau belajar algoritma buat apa coba? Masih belanja dan hitung uang pakai algoritma, kan enggak juga. 


Orang bilang, matematika itu adalah rajanya ilmu. Jadi maksudnya, belajar matematika itu merupakan pelajaran paling dasar yang digunakan untuk mempelajar pelajaran lainnya. 


Kebayang kalau enggak belajar matematika, mungkin saya akan kesulitan menghitung neraca pada akuntansi kali ya. Jadi memang matematika itu ada kaitannya dengan pelajaran lainnya. Kayaknya, kalau engga ada matematika, ga akan bisa deh kita belajar akuntansi, manajemen dan pelajaran lainnya. 




So, belajar matematika itu harus dipelajari dengan baik, jangan sampai males ya. Apalagi untuk anak - anak, harus dibuat secinta mungkin sama matematika, jangan sampai anak - anak benci pelajaran matematika. Kenapa ? Karena ada beberapa alasan nih, diantaranya : 


Belajar matematika bisa membentuk pola pikir 

Belajar matematika itu bisa membentuk pola pikir, ini alasan kenapa sih kita kok harus belajar trigonometri, limit, integral, turunan ataupun materi - materi lainnya yang kalau dipikir - pikir tidak ada kaitannya secara langsung dengan kehidupan nyata. 


Nyatanya, semua itu memang tidak bisa diaplikasikan langsung dalam kehidupan, namun bisa membantu membentuk pola pikir manusia. Jadi, dengan belajar soal yang rumit bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih kritis dan juga disiplin. Ketekunan yang didapatkan dari belajar matematika ini bisa menjadikan sebagai manusia yang solutif / bisa menyelesaikan berbagai macam problematika kehidupan. 




Belajar matematika membuat kita menjadi kreatif

Yess, belajar matematika membuat kreatif.  Belajar matematika itu kan kita menyelesaikan soal - soal rumit, nah dibalik itu ada cara penyelesaiannya yang harus dikerjakan untuk menghasilkan jawaban. Dari sekian banyak cara penyelesaiannya, bebas memilih cara mana yang paling efektif. 


Dalam matematika, juga bisa membuat cara sendiri untuk menyelesaikan soalnya, yang penting jawaban akhirnya sama. Ini bisa membuat kita menjadi lebih kreatif, bukan? 




Belajar matematika membuat berpikir secara sistematis 

Ah, yang benar? Iya, belajar matematika itu bisa membuat kita berpikir sistematis. Kan dalam matematika kita belajar tahap - tahap untuk memperoleh hasil akhir. Dalam belajar matematika, kita tidak langsung mendapatkan jawaban namun harus melalui beraneka ragam cara penyelesaian.


Cara belajar matematika ini emang terlihat sulit, namun jika dikerjakan ternyata menyenangkan apalagi ketika mendapatkan jawaban yang sesuai. 



Belajar matematika untuk anak harus dibuat sedemikian rupa, supaya anak menjadi suka sama matematika . Memang sih kadang suka kesel ketika mengajari anak matematika, tapi jika anak dibuat suka sejak kecil, insya Allah ketika dewasa akan senang sama matematika. 





Nah, referensi nih untuk kursus matematika yang menyenangkan untuk mengajari anak matematika adalah dengan belajar matematika di kursus / les matematika Ruangguru. Ada kelas coba gratisnya loh, yuk ikuti sekarang juga. 









Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon