Selasa, 03 Januari 2023

Manfaat Menulis Jurnal Harian

Bismillahirrahmanirrahim,

Halo teman - teman, mau nanya nih mana suaranya yang masih suka nulis jurnal harian atau diary? 

Kalau saya pribadi, setiap awal tahun biasanya selain ganti kalender saya suka ganti planner. Untuk saya pribadi, banyak sekali manfaat nulis journal itu, terutama untuk menumpahkan isi hati dan keluh kesah saya menjalani hari. Journal book itu laksana tempat yang setiap menampung semua keluh kesah saya. 

Ternyata, menulis journal memang bagus loh untuk kesehatan mental, bahkan ada yang mengatakan bahwa kebiasaan menulis journal ini bisa membantu penyembuhan depresi. 

Hah, serius bisa untuk kesehatan mental? 

Iya, betul banget. Menulis daily journal ini manfaatnya untuk kesehatan mental bagus banget, karena kan dengan menuliskan jurnal harian kita bisa simpan catatan tentang keseharian kita, mencatat apa yang ada dalam pikiran, menuangkan perasaan, ide dan semua mood yang kita rasakan. Menulis journal juga bisa membuat kita lebih liar berkreasi, bisa ditulis atau digambar bahkan membuat sketsa. 



Menulis jurnal atau diary buat saya adalah cara sederhana untuk membuat saya tetap waras, memang sih tidak mudah yah untuk nulis setiap hari namun jika berusaha dilakukan akan terasa juga loh manfaatnya.

Planner book Tian Lustiana 

Manfaatnya apa saja memang yah? 

Banyak loh manfaat, baik kita share deh manfaat yang positive ketika kita rajin menulis jurnal harian, diantaranya adalah : 

Menulis jurnal bisa mengurangi rasa cemas & stress

Jujur its work banget buat saya. Dengan menulis jurnal harian saya bisa mengurangi rasa cemas, tidak perlu lama sih nulisnya cukup 10 - 15 menit saja sudah membuat hati lebih lega. Teman - teman yang belum terbiasa nulis jurnal, biasain deh selama 12 minggu dan nulisnya gak usah lama - lama, cukup 15 menit an selesai deh. 

Ketika manusia mengalami stress atau sedang tidak enak hati karena pikiran yang negatif itu susah banget melihat situasi secara objektif , nah dengan menulis kita bisa menciptakan ruang dan jarak yang kita perlukan untuk merenungkan apa sih yang sedang terjadi,merenungkan juga apa yang akan terjadi selanjutnya. 

Menulis bisa menciptakan kesadaran 

Menciptakan kesadaran bisa dirasakan ketika kita rajin nulis jurnal. Coba deh tuliskan perasaan tentang suatu kondisi atau situasi yang sulit dipahami, nanti akan mulai terasa loh bahwa kita bisa menempatkan pengalaman dalam kata - kata dan struktur  yang bisa membantuk persepsi baru tentang suatu kondisi. 



Menulis bisa mengatur emosi 

Menulis jurnal dengan rutin juga bisa banget mengatur emosi, saya tuliskan semua yang saya rasakan dan jalani setiap hari, lambat laun saya mulai bisa kendalikan emosi. Mungkin karena emosi saya sudah saya tuangkan kedalam tulisan. 

Menulis bisa membantu penyembuhan masalah kesehatan mental 

Beberapa psikolog menyebutkan bahwa rajin menuliskan jurnal harian itu bisa membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan, loh. Kesehatan mental bisa berupa depresi, gangguan stress pasca trauma , gangguan kecemasan dan lainnya. 

Tempat favorite untuk menulis jurnal harian setiap malam. 


Yuk, mulai menulis jurnal. Tapi memang sih butuh effort yang besar untuk memulai. 

Saya ada beberapa tips nih untuk teman - teman yang ingin memulai menulis jurnal. 


  1. Memilih waktu yang cocok dan pas untuk menulis. Luangkan dan tetapkan waktu yang pas dan cocok sesuai kesibukan. Waktu ini harus teratur dan jangan lupa berkomitmen dengan waktu yang sudah dipilih. 
  2. Mulai dengan ungkapkan perasaan, coba deh berikan waktu spesial untuk diri sendiri untuk sebutkan masing - masing perasaan yang dirasa, kemudian amati pikiran dan pola pikir. 
  3. Mulailah dari hal yang kecil, mulai tulis dengan sesuatu yang menyenangkan saja. 
  4. Ekspresikan apa yang dirasakan dan tuangkan dalam tulisan. 
  5. Jangan khawatirkan ejaan dan tulisan yang benar, yang penting tuangkan saja isi hati , toh ini kan hanya untuk jurnal harian, kecuali kalau mau buat skripsi yang perlu diperhatikan EYD nya. 
  6. Pilih media yang paling nyaman, bisa journal book, buku catatan biasa atau bisa juga sih di blog, tapi lebih asik memang nulis tangan saja. 
  7. Jika sedang tidak mood menulis, istirahatlah jangan dipaksakan. 

Bagaimana? 
Mudah bukan untuk memulai? Yang susah itu konsitennya, hehe.


See you,

Tian lustiana 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon