Selasa, 23 Juli 2024

Pengalaman Pertama Menjadi Host Youtube di Keponih

 Bismillah, 

"Teh, mau nggak jadi host?"

Baca chat dari Yasinta, tanpa pikir panjang langsung saya iya kan, padahal saya sama sekali belum ada pengalaman menjadi host. Hanya modal nekad dan percaya diri saja, haha. 

Entah dari mana rasa percaya diri itu muncul, padahal saya tuh sebenarnya orang yang nggak pede an, namun akhir - akhir ini kok saya merasa saya bisa dan percaya diri untuk melakukan sesuatu yang belum saya lakukan sebelumnya, salah satunya menjadi host ini. 



Diberi kepercayaan oleh Yasinta untuk menjadi host youtube nya, jujur sebenarnya ini tantangan yang sangat berat, mengingat saya baru pertama kali dan beneran tidak ada pengalaman sama sekali. Bikin deg - deg an banget, meski memang sih hanya tayang di channel Youtube, tapi kan sama saja bebannya berat, hehe. 


Menjadi host itu seakan saya menjadi tuan rumah yang akan menyambut tamu, ya tamu nya adalah narasumber. 




Merasa pengetahuan saya tentang narsum masih kurang, saya langsung gerilya di Youtube Berkembang Bersama untuk "kenalan" dengan narsum, jadi semacam melakukan riset lah yah. 

Untuk menjadi seorang host selain latihan, melakukan riset itu penting banget. Meski memang ketika interview narsum itu sudah ada topik yang dibuat tim kreatif (disini tim kreatifnya ya Yasinta, hehe). Jadi riset dari host juga penting, supaya ada ide terus dan nggak kehabisan ide. Jadi bisa ngembangin dari pertanyaan  dan juga topik pembicaraannya.



Hmmm, jadi host susah nggak sih? 

Jujur, jawabannya SUSAH. Haha. 

Karena banyak sekali ternyata yang harus dilakukan dan diperhatikan seorang host itu. Seorang host juga harus banget bisa menjaga mood narasumber nya, ya supaya obrolan tetap asik sampai akhir. Meski baru pertama kali, tapi saya merasa menyenangkan sekali menjadi host, karena saya secara tidak langsung bisa melatih kemampuan public speaking, juga saya bisa mendapatkan banyak seklai ilmu baru yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Pokoknya, menjadi host ini adalah sesuatu baru yang saya lakukan dan memberikan banyak impact kebaikan, alhamdulillah. 



So, terimakasih banyak untuk Yasinta atas kepercayaannya, semoga bisa memberikan banyak manfaat yah dan juga bisa memotivasi untuk orang - orang diluar sana, jika ada peluang di depan mu, manfaatkanlah dan lakukan sebaik mungkin. 



Sampai jumpa pada postingan selanjutnya,


Love, 

Tian Lustiana 

1 komentar

  1. bener banget mbak, meskipun kita nggak begitu jago di bidang yang akan ditanyakan misalnya, kita harus banyakin baca-baca info soal materi dan narasumbernya. Biar nggak kagok juga
    aku kapan hari sempet liat di story IG mbak Yasinta nih, baru inget hehehe
    keren mba tian

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon