Senin, 29 Juli 2024

Troole Merchandise, Memorable and Useful

Bismillah, 

Tianlustiana.com - Yang paling bikin happy ketika mengikuti suatu seminar atau kelas offline itu selain ilmu, saya paling suka pas nerima seminar kit nya. Suka ada notes, tumblr, tas, pulpen dan merchandise lainnya. Lucu - lucu dan useful banget. 


Ngomong - ngomong soal merchandise nih, ada loh yang biasa membuat merchandise profesional untuk berbagai acara, troole merchandise. Ada yang sudah pernah mendengar troole merchandise? 




Kalau belum, sini saya ceritain yah! 

Jadi, Troole Merchandise ini produsen souvenir yang sudah banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan dalam banyak event. 

Happy banget, karena saya dan beberapa blogger Bandung diberikan kesempatan untuk main ke kantor Troole  di Jalan Sritunggal no 8 , Cigereleng, Regol, Bandung. Jadi punya bayangan nih dibalik kerennya merchandise dan souvenir yang biasa saya terima ketika ada event atau seminar. 

Teman - teman baca Troole nya gimana hayoh? 




Kenalan dengan Troole Merchandise 

Berkenalan dengan Troole Merchandise kemarin tuh deep banget. Sampai - sampai Kang Jana sang owner menjelaskan juga tentang bagaimana beliau menjalankan bisnis ini. Beliau jelaskan tentang pendekatan yang dilakukan untuk bisnisnya, melalui dua pendekatan value. 

  1. Rational value, dibagi lagi menjadi market category, segmentation dan product. BIsa juga diartikan pendekatan yang didasarkan pada kemampuan / skill, kelebihan dan merupakan fungsi utama brand, dimana bisa selesaikan hot button customer. 
  2. Emotional value, meliputi brand purpose, brand personality dan brand soul. Merupakan pendekatan yang fokusnya pada nilai emosional sebuah brand yang kemudian menjadikakn konsumen itu merasa satu paham, satu ideologi dan akhirnya konsumen jatuh cinta pada brand.
Troole Merchandise, bisnisnya itu masuk pada kategori MICE (Meeting, incentives, conventions and exhibitions). Produk - produk yang dihasilkannya itu bisa memenuhi kebutuhan souvenir perusahaan atau instansi dalam berbagai momen atau acara spesialnya. 



Produknya apa saja?
Produknya ya variatif, bisa berupa seminar kit, gift atau souvenir promosi. Jadi untuk produknya atau barangnya bisa langsung diskusikan saja dengan pihak Troole Merchandise, gift apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan engagement, menarik konsumen atau untuk brand image perusahaan, dan juga lainnya. 





TRULY not TROLE

Saya pertama baca itu TRO-LE eh ternyata bukan, ternyata dibacanya itu TRULY

Langsung deh kita pada kompak bilang oooooh setelah dijelaskan langsung oleh kang Hanum Sujana, owner Troole. Kang Jana (biasa dipanggil) menjelaskan kalau nama Troole itu memang diambil dari kata Truly "sesungguhnya", tapi biar ada kesan uniknya gitu. Eh ternyata, ada kata Troole yang berasal dari bahasa Estonia, yang artinya "jejak". Kang Jana langsung bilang, kan jadinya pas, memiliki makna sebagai "jejak sesungguhnya". Karena memang kan memberikan merchandise atau souvenir itu erat banget kaitannya dengan memberikan kesan atau meninggalkan jejak. 



Saya langsung berdecak, wah keren sekali nih makna dari Troole ini, meninggalkan jejak. Jadi memang harus ya kalau mau mengadakan acara itu harus meninggalkan jejak, jangan asal - asalan , jadi memang harus memorable supaya diingat terus. 

Dijelaskan juga oleh kang Jana bahwa berbisnis itu bukan hanya jualan produk atau jasa namun juga membangun hubungan baik, berbagi cerita dan kisah dengan pelanggan. Menurutnya jika pebisnis hanya fokus pada penjualan produk atau jasa, hal menakjubkan lain akan terlewatkan. Tapi jika pebisnis fokus juga membangun hubungan baik, bisa berbagi kisah dan hal lainnya, sudah dipastikan jualan produk atau jasa nya pasti akan oke. 

Troole Merchandise, resminya sejak 28 Juni 2020, kebayang ya gimana ketika masa pandemi malah membangun perusahaan, namun sebelum menjadi Troole Merchandise mereka terlebih dahulu dikenal dengan nama Seminarkitbandung.com , sejak 6 Juni 2014. 



Namanya saja SeminarKitBandung.com jadi langsung bisa ditebak kan fokusnya ke seminar. Dan menurut cerita Kang Jana, SeminarkitBandung ini cukup banyak orderan untuk merchandise dan juga seminar kit, namun setelah negara api menyerang (Baca:Pandemi), seminar offline pun jarang sekali bahkan tidak ada, mereka banyak melakukan meeting online, berpengaruh dong pada orderan. Singkat cerita, bermetamorfosa lah SeminarKitBandung ini menjadi Troole Merchandise sampai saat ini. 

Merchandise itu baiknya memorable and useful

Kalau saya pikir - pikir, iya juga sih. Saya akui, tagline dari Troole Merchandise ini keren. Memang, sebuah souvenir atau hadiah memang harus memberikan kesan baik, yang akan terus diingat dann juga digunakan. 

Kemarin, ketika saya dan teman - teman Blogger Bandung berkunjung ke kantor Troole, disana banyak sekali contoh merchandise dan memang bagus - bagus. Merchandise mereka tuh unik dan yang paling penting useful, jadi bukan sekedar memenuhi syarat memberikan souvenir, tapi memang mereka siapkan dari segenap hati sehingga memberikan value yang lebih pada penerimanya. 



Apa sih visi & misi Troole Merchandise? Dijelaskan bahwa mereka memiliki visi untuk bisa hadir pada setiap moment profesional Indonesia, sedangkan misinya ingin sampaikan kebahagiaan pelanggan untuk penuhi souvenir yang berkesan dan juga bermanfaat. 

Sampai saat ini Troole Merchandise berkembang pesat sekali, kliennya pun sudah banyak dan beragam dari banyak bidang. Ada dari pemerintahan, kesehatan, pendidikan, finansial dan lainnya. 

Troole Merchandise ini sediakan banyak sekali fiturnya, one stop service, paket produk bisa disesuaikan budget, garansi, sampling produk, ada fee ongkir, layanan desain gratis dan lainnya. Juga ada produk express yang bisa dipesan layaknya tahu bulat alias dadakan, hehehe. 



So, buat teman - teman yang perusahaannya mau ada acara atau event bisa langsung loh pesen ke Troole , bisa diskusi dulu mau nya barang seperti apa yang menggambarkan nilai dan citra perusahaannya. Bisa langsung cek ricek ke Troole.id atau ke instagram.com/troole.id . 



Sampai jumpa pada postingan selanjutnya,

love,

Tian lustiana

1 komentar:

  1. aku baru denger Troole mbak, unik ya, ternyata dari kata truly, keren
    seneng banget kalau bisa dateng ke kantor Troole dan aku naksir sama backpacknya, baguss

    kadang nih kalau aku dateng ke acara seminar, yang dicari pertama souvenir atau goodie bagnya, kebanyakan isinya memang bermanfaat banget, kayak tumbler, notes buat mencatat, lumayan banget

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.