Rabu, 07 Agustus 2024

Mau Operasi Lasik Mata? Cek Dulu Persyaratannya

Bismillah, 

Halo teman - teman semuanya, apa kabar nih?  

Semoga bulan Agustus ini menjadi bulan yang memberikan banyak peluang, banyak berkah dan juga sehat semuanya yah, aamiin. 

Beberapa waktu ini, alhamdulillah saya sedang sibuk depan laptop dan gadget tiada henti, yang membuat mata saya makin lelah dan juga makin ngeblur kalau nggak pakai kacamata, haha. Ya maklum selain minus, mata saya pun silinder jadi kalau kacamata nggak dipakai, dunia ini langsung nge blur. 



Kadang saya males banget pakai kacamata, tapi gimana ya butuh. Sampai - sampai saya kepikiran buat lasik. Ya, jadi ingin melakukan lasik mata, jadi kan nggak usah pakai kacamata lagi. Kalau pakai lensa kontak, saya sepertinya bukan orang yang tepat karena kebiasaan buruk suka ngucek mata hahah, kebayang itu lensa kontak bisa hilang entah kemana, haha. 

Sebelumnya saya cari informasi dulu dong, memang persyaratan operasi lasik itu apa saja dan kapan waktu yang tepat melakukan lasik mata, dan yang paling penting berapa biaya lasik mata. 

SYARAT OPERASI LASIK

Sekarang itu, operasi lasik jadi pilihan paling hits bagi yang ingin memperbaiki penglihatannya tanpa harus menggunakan kacamata atau lensa kontak. Dan ternyata, nggak semua orang bisa dan cocok menjalani operasi lasik, loh. 

Jadi, udah bener ya saya cari tahu dulu syarat operasi lasik. Karena dengan mengetahui ini akan menentukan langkah ke depannya, apakah saya sudah memenuhi kelayakan untuk menjalani operasi lasik atau tidak. Warning juga nih buat teman - teman semua yang ingin melakukan suatu tindakan apa saja harus ketahui dan pahami persyaratannya yah, supaya bisa mengambil keputusan yang tepat, terutama tentang operasi lasik mata ini. 


harga lasik mata

Syarat kelayakan untuk operasi lasik mata

Sebelum kita menjalani operasi lasik ada beberapa syarat kelayakan yang harus dipenuhi dan diperhatikan dengan baik, diantaranya : 

Cek Ketebalan Kornea. Ketebalan kornea yang cukup merupakan salah satu persyaratan utama untuk melakukan operasi lasik. Ada data analisis yang akan menunjukkan bahwa kornea dengan ketebalan yang mencukupi memiliki kemampuan untuk menopang ketika nanti ada perubahan bentuk yang dilakukan selama operasi. Nah, biasanya nih ketebalan kornea minimalnya itu sekitar 500 mikron. 

Stabilitas Penglihatan. Merupakan faktor yang sangat penting dan juga menentukan syarat untuk melakukan operasi lasik mata. Pasien harus memiliki penglihatan yang stabil dalam waktu yang ditentukan sebelum menjalani operasi lasik. Penting karena perubahan yang signifikan dalam penggunaan kacamata atua lensa kontak bisa mempengaruhi hasil operasi lasik. 



Adapun syarat stabilitas penglihatan, perlu diperhatikan faktor - faktor berikut ini:

Stabilitas refraksi

Refraksi mata yang stabil itu merupakan indikasi bahwa perubahan pada kacamata atau lensa kontak sudah minimal. Harus memiliki perubahan refraksi kurang dari 0,50 dioptri dalma setahun terakhir sebelum melakukan operasi lasik. Menunjukkan bahwa penglihatan pasien sudah mencapai titik stabil, jadi risiko perubahan penglihatan yang signifikan setelah operasi bisa diminimalisasikan. 

Kondisi kesehatan mata yang stabil 

Kondisi kesehatan mata secara umum harus stabil sebelum melakukan operasi lasik. Ada data analisis yang menyatakan pentingnya tidak ada perubahan atau perkembangan penyakit mata yang signifikan dalam kurun waktu tertentu sebelum melakukan operasi. Dipastikan tidak ada penyakit mata seperti glaukoma atau penyakit degeneratif lainnya, jadi kondisi harus dipastikan stabil serta terkontrol sebelum melakukan operasi lasik.



Perubahan hormon

Sering terjadi terutama pada wanita, ini bisa mempengaruhi stabilitas penglihatan. Perubahan hormon yang signifikan, misalnya selama kehamilan atau menopause bisa sebabkan fluktuasi refraksi dan penglihatan. Akan lebih baik kalau menunggu sampai hormon stabil sebelum jalani operasi lasik. 

Untuk menjalani operasi lasik, udah paling bener periksa dulu ke dokter mata untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan juga melihat riwayat penglihatan, serta untuk memastikan bahwa sudah layak memenuhi syarat untuk menjalani operasi lasik. 

Penting banget yah untuk pasien yang ingin jalani operasi lasik, konsultasi dulu dengan dokter mata dan ikuti proses pra operasinya untuk memastikan kelayakan syaratnya. Untuk melakukan lasik mata , selain cek kelayakan persyaratan juga jangan lupa siapkan dana, untuk biaya lasik mata


Sampai jumpa pada postingan selanjutnya, 


Tian Lustiana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.