Sabtu, 28 September 2024

Inilah Peranan Para Ahli Farmasi Indonesia

Tianlustiana.com -  Semenjak neng Marwah masuk SMK Farmasi, saya jadi menggali banyak informasi seputar dunia Farmasi. Selain buat bahan obrolan sama Neng Marwah, juga buat pengetahuan saya, hehe. Beberapa waktu lalu, setelah saya di diagnosa dokter terkena Autoimun RA, neng Marwah cek obat - obat saya dan dia baca di buku Farmakope nya dia tentang efek sampingnya. Dia jelaskan bahwa obat yang saya konsumsi ini ada efek samping alergi sampai gatal - gatal. Saya terharu dan bangga sekali, ya Allah semoga kelak neng Marwah bisa menjadi ahli Farmasi Indonesia terbaik dan hebat. Aamiin. 


Ngomongin Farmasi, saya pun jadi tahu loh bahwa ada Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), organisasi yang menghimpun para tenaga ahli farmasi di Indonesia. Semoga kelak neng Marwah bisa masuk menjadi salah satu anggota PAFI ini yah. Aamiin. Oiya, PAFI ini didirikan di Yogyakarta, 13 Februari 1946. Masya Allah sudah cukup lama ternyata yah. 

Ahli Farmasi Indonesia itu memang tidak bisa dipandang sebelah mata dan tidak bisa dipisahkan dari Indonesia. Para ahli farmasi sudah ikut berjuang loh sejak dulu, ikut berjuang mengusir penjajahan dan juga mempertahankan kedaulatan negara. Para ahli farmasi juga aktif dalam pembangunan nasioanl dan terus berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Wah ternyata sudah selama itu ya para ahli farmasi ini berperan untuk kesejahteraan rakyat. 

Farmasi, salah satu ilmu yang fokus pada penyediaan obat - obatan dan layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Peranan farmasi Indonesia lumayan krusial ya, mulai dari pengembangan, produksi, distribusi sampai pengawasan penggunaan obat yang aman dan juga efektif. 


photo from Pexels

Inilah peranan para ahli farmasi Indonesia

Pengembangan dan produksi obat merupakan hal yang utama dan sangat penting. Seorang ahli farmasi bekerja melakukan penelitian untuk menemukan dan juga mengembangkan obat - obatan baru yang bisa atasi berbagai macam penyakit. Inovasi dan pengembangan obat itu penting, apalagi kan keberagaman penyakit tropis dan infeksius yang endemik, selain itu produksi obat dalam negeri bisa bantu mengurangi ketergantungan pada obat impor, ya kan? Jadi para ahli farmasi juga harus turut memikirkan dan memastikan ketersediaan obat yang harganya jauh lebih terjangkau.

Distribusi & aksesbilitas. Distribusi obat - obat dipastikan harus merata, ini adalah aspek penting lainnya. Di Indonesia, tantangan logistik bisa jadi kendala untuk memastikan masyarakat itu punya akses pada obat - obatan yang mereka butuhkan. Makanya, para apoteker dan tenaga farmasi bekerjasama dengan pemerintah dan juga swasta untuk pastikan bahwa obat sudah tersedia di seluruh pelosok Indonesia, termasuk juga pada daerah terpencil. 


photo from Pexels

Keamanan & Penggunaan obat. Bukan hanya urusan produksi dan distribusi, para ahli farmasi juga harus mengawasi penggunaan obat yang aman. Ya, para apoteker memiliki tanggung jawab penuh untuk memastikan bahwa obat yang diberikan pada pasien itu tepat sesuai dengan kondisi kesehatan pasien. Juga harus memberikan edukasi seputar dosis dan cara penggunaan obat yang benar, agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan dan interaksi obat yang berbahaya, serta resistensi antibiotik jika digunakan tidak sesuai. 

Pendidikan & Penelitian. Farmasi juga memiliki peranan yang penting dalam bidang pendidikan dan penelitian. Ya, lembaga pendidikan tinggi di Indonesia harus terus lahirkan lulusan farmasi yang kompeten dan juga siap hadapi tantangan kesehatan masa depan. 


photo from Pexels

Juga masih banyak lagi peranan ahli farmasi Indonesia lainnya dalam kesehatan Indonesia yang tidak bisa disepelekan. Mulai dari pengembangan dan juga produksi obat hingga distribusi yang harus dipastikan merata. Bukan itu saja, penggunaan yang aman dan peningkatan kualitas hidup masyarakat juga merupakan peranan yang penting dari para ahli farmasi Indonesia. Makanya, investasi pendidikan, penelitian dan infrastuktur farmasi harus menjadi prioritas utama nih. Mungkin salah satunya dukungannya adalah kerjasama pemerintah dan PAFI yah. Semoga semua Pafi bisa bekerjasama dengan baik termasuk pafirengat.org . Ya pafirengat.org ini merupakan pafi dari Riau, jadi memang setiap daerah itu ada wadahnya juga. 

Bagaimana menurut teman - teman? Sharing yuk!


Sampai jumpa pada postingan selanjutnya,


Tian lustiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.