Selasa, 22 Oktober 2024

Kampung Berseri Astra, Bugisan Yang Menawan Karena Kemegahan Candi Plaosan

Tianlustiana.com - Berawal dari membaca profile Reza Permadi yang dengan ide Atourin nya, saya jadi penasaran dengan desa wisata yang kini menjadi Kampung Berseri Astra, Bugisan. Jadi, Kampung Berseri Astra (KBA) ini merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dari Astra, yang diimplementasikan pada masyarakat dengan konsep yang mengintegrasi pada empat pilar program pada bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. 

Nah, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengan ini resmi menjadi Kampung Berseri Astra. Padahal sebelumnya masuk kategori Desa Wisata. 



Ada yang sebelumnya pernah mendengar nama desa Bugisan ini?

Namun jika disebutkan Candi Plaosan atau Candi Kembar pasti pada tahu kan? Ya, desa Bugisan memiliki objek wisata Candi Plaosan. Desa Wisata ini terbentuk ketika festival Candi Kembar pada tahun 2016.

Kenapa Candi Plaosan menjadi daya tarik? 

Karena Candi Plaosan atau Candi Kembar memiliki pesona yang sangat menawan, menarik hati bagi siapa saja uang berkunjung. Menarik, baik dilihat dari sejarah, arsitektur ataupun budaya. 

Oke, kita bahas lebih detail ya tentang daya tarik dari Candi Plaosan. 

Candi Plaosan dilihat dari gaya arsitekturnya itu perpaduan Hindu dan Budha, struktur candi menggabungkan elemen - elemen dari Hindu dan Budha, kemudian menciptakan tampilan yang menawan, khas dan juga harmonis. Dinding candi berhiaskan relief yang menggambarkan adegan - adegan Budha dan mitologi Hindu. Juga memperlihatkan keterampilan artistik dan keahlian kerajinan pada masa itu. Untuk kompleks candi Plaosan sendiri terbagi menjadi dua bagian utama, ada Plaosan Lor (utara) dan Plaosan Kidul (selatan), keduanya memiliki struktur candi utama, candi - candi kecil dan juga stupa yang menciptakan pemandangan megah nan menarik. 



Candi Plaosan letaknya di kawasan dataran tinggi Klaten, yang memanjakan penglihatan dengan pemandangan yang indah. Selain candi utama, ada banyak candi kecil dan juga stupa yang tersebar di sekitaran kompleks candi. Ini seakan memberikan gambaran tentang kemegahan bangunan masa itu. 



UMKM Masyarakat Desa Bugisan

Karena keindahan dan kemegahannya, Candi Plaosan menjadi ikon utama Desa Wisata Bugisan, yang kemudian memberikan banyak peluang untuk pemerintah dan masyarakat mendirikan UMKM, tujuannya untuk memberdayakan masyarakat, menambah penghasilan dan juga menambah daya tarik wisatawan. 



Oke, jika kita bahas tentang UMKM Desa Bugisan, sebelah timur Candi Plaosan dalam Kampung Budaya Candi Plaosan, ada Paseban Candi Kembar yang merupakan tempat tingga dan juga tempat masyarakat sekitar melakukan kegiatan ekonomi, menjual dan menawarkan produknya. Selain itu juga ada kuliner khas Bugisan. Paseban Candi Kembar ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan dan acara seperti Gelar Budaya, Akustikan dan juga Pernikahan. 



Ada juga loh produk UMKM lainnya yang menjadi daya tarik wisawatan juga, adalah baju daur ulang sampah. Wah baju gimana yah? Jadi baju itu dibuat dengan memanfaatkan sampah rumah tangga yang tidak dapat diurai. UMKM Desa Bugisan ini juga produksi batik eco printing berbahan alam, tentu ini sangat ramah lingkungan, motifnya pun nampak natural sekali. 



Nah kedua produk andalan ini dibuat oleh para ibu PKK Desa Bugisan dan jika ada wisatawan yang mau mencoba membuatnya pun bisa loh. Tentu ini menjadi wisata yang menarik untuk para wisatawan yah. 



Produk UMKM yang Masyarakat Desa Bugisan tawarkan bukan hanya itu, ada produk lain yaitu alat musik asli Bugisan, dibuat oleh Ki Sutikno dengan menggunakan bahan utama dari pohon bambu, namun kabarnya alat musik ini belum memenuhi syarat untuk lolos HAKI. Semoga soon ya bisa lolos HAKI. 

Pembelajaran & Hiburan di Desa Bugisan

Desa Bugisan ini tawarkan berbagai macam pembelajaran dan juga hiburan, di Desa Bugisan ini bisa belajar musik jawa, belajar seni kriya ukir batu, belajar membuat jamu khas Desa Bugisan. Juga bisa belajar sekolah aksara jawa, bisa menyaksikan langsung perebutan gunung gunungan sayur, naik delman sambil menikmati keindahan Desa Bugisan dan masih banyak hal yang bisa dilakukan. 




Ada acara tahunan yang dilakukna Desa Bugisan, menggelar Festival Candi Kembar. Pada festival ini disajikan berbagai kesenian, ada kesenian karawitan, Gejog Lesung, Pring Sedapur dan jenis - jenis tarian, serta menjual produk hasil UMKM desa Bugisan. 


Komitmen Kampung Berseri Astra (KBA) Desa Bugisan 

Setelah dipilih menjadi KBA, Desa Bugisan punya komitmen untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui beberapa pengembangan, diantaranya : 

  • Bidang lingkungan. Pada bidang ini, masyarakat Desa Bugisan mengimplementasikan 3R (Reduse, Reuse, Recycle). 
  • Bidang Kesehatan, menjaga dan juga membuat pelayanan posyandu makin maju pesat. 
  • Bidang Pendidikan, mendirikan PAUD sebagai bentuk bahwa pendidikan bisa diakses sejak dini. 
  • UMKM, kerjasama masyarakat dan pemerintah setempat memajukan UMKM Bugisan.
Empat pengembangan ini dilakukan dalam upaya percepatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan program pemerintah. 

Ternyata memang banyak yang menarik ya dari Desa Wisata Bugisan ini, pantas saja bisa memenangkan menjadi Kampung Berseri Astra. Semoga makin bagus ya dan makin banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati Desa Bugisan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.