Selasa, 22 Oktober 2024

Curhat : Maafkan, Lepaskan dan Ikhlaskan

Tianlustiana.com - Katanya memaafkan dan mengikhlaskan akan membuat hati terasa lebih ringan dan lebih santai menjalani hidup. Jadi, beberapa waktu lalu saya ngobrol bareng temen - temen, sharing gitu. Ada seorang teman yang ternyata selama ini dia sedang menjalani pengobatan ke seorang psikiater dan konsumsi obat juga. Wah, padahal terlihat dari luar dia sehat dan ceria namun ternyata setelah mendengarkan kisahnya, saya merenung dan merasa duh kasian ya masalahnya banyak sekali, semoga dia selalu kuat menghadapi masalahnya dan bisa mengatasi semuanya dengan baik. 

Berdasarkan cerita teman, semua dokter yang ia kunjungi semuanya menyarankan untuk menerima semua perasaan yang datang, apalagi ketika panic attack itu datang. Kalau disangkal, yang ada malah makin sakit dan makin lama serangannya. Tapi coba accepting aja dengan rasa ikhlas. 



Lagi - lagi ikhlas. Ya, ikhlas adalah kunci dari segala permasalahan. Semua rasa sakit akan hilang dan pergi dengan sendirinya, asalkan diterima dengan ikhlas. Belajar ikhlas memang tidak mudah, perjalanan menuju keikhlasan pun bukan perkara mudah. Tapi, kita harus bisa melakukannya dan berusaha untuk bisa sampai pada level ikhlas. 

Sharing bareng teman itu butuh, bukan untuk mengadu nasib namun untuk lebih bersyukur. Oh ternyata masalah dia lebih berat loh, namun dia bisa sabar. Jadi, selama ini saya hanya kurang bersyukur saja. Kadang saya suka kepikiran seperti itu ketika mendengar curhatan teman dengan masalah yang lebih pelik dan lebih besar. 


Mari mencoba memaafkan, lepaskan dan ikhlaskan

Jadi, mulai saat ini saya akan bertekad sekuat tenaga untuk belajar memaafkan semua yang membuat saya sedih, memaafkan semua yang membuat hati in terluka. Mencoba ikhlaskan semuanya dan melupakan semua yang pernah menyakiti dan berbuat salah. Karena ternyata masalah jika dibawa sampai tidur itu malah akan merusak diri sendiri, menambah beban dan menjadi penyakit. 



Tugas saya sebagai manusia hanya berusaha dan berdoa, semuanya mari serahkan saja pada Allah Ta'ala. Ikhlaskan semua keputusan Nya. 

Yang saya rasakan, ketika hati ini disakiti, difitnah dan berada dalam rasa sakit itu membuat saya berpikir, berpikir makin bijaksana dalam memahami kehidupan fana ini dan mungkin ini lah yang membuat kita semua masih bertahan hidup meski banyak masalah dan cobaan. 

Semoga Allah selalu melapangkan hati untuk selalu bisa memaafkan dan memudahkan semua urusan hidup dunia dan akhirat, aamiin yaa Rabb. 


Sampai jumpa pada postingan selanjutnya,

TIAN LUSTIANA 

Add Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.
EmoticonEmoticon