Sabtu, 19 Oktober 2024

Sosok Perintis Digitalisasi Desa Wisata

Tianlustiana.com - Zaman sekarang jenis pariwisata itu banyak sekali, bukan hanya bermain ke pantai, nge mall atau berenang. Alternatif pariwisata kian berkembang dan desa wisata sekarang menjadi salah satu jenis alternatif pariwisata yang lumayan banyak disenangi para wisatawan. Selain memberikan liburan yang seru juga memberikan pengalaman liburan yang baru dan unik, plus menambah banyak sekali wawasan. 


Dan sekarang pun pengelolaan desa wisata di Indonesia itu sudah merupakan bagian dari program pengembangan pariwisata berkelanjutan. Bukan hanya pemerintah yang mengembangkan potensi desa wisata namun banyak juga peran serta dari berbagai komunitas, influencer dan juga stakeholder lainnya. 




Salah satu yang turut berperan kembangkan desa wisata adalah seorang dosen yang masuk ke dalam komunitas sadar wisata, Reza Permadi sekaligus penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2023 bidang teknologi dari Astra. Perjuangannya mendampingi desa wisata untuk terapkan digitalisasi pada sistem promosi sampai desa wisata itu mandiri dan profit, sungguh luar biasa. 


Reza pun memberikan penjelasan bahwa dia dan tim fokus pada digitalisasi produk - produk desa wisata, yang saat ini ada 6.030 desa wisata di seluruh Indonesia, dari 80ribu desa. Reza sangat percaya bahwa pada setiap desa itu memiliki potensi dan daya tarik wisata yang membuat para wisatawan penasaran dan ingin berkunjung. Terutama bagi warga kota, pergi ke desa dan menikmati alamnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau desa yang dikunjunginya itu ada destinasi wisata yang dikelola dengan bagus, maka makin menyenangkan pengalaman berlibur di desa. 


Namun tidak semua mudah, ada problem masing -masing pada setiap desa. Ada yang potensinya sudah nampak namun eksekusinya sangat lemah dan lamban, ada yang potensinya sudah jadi destinasi namun belum terintegrasi. Menurut Reza konektivitas dan destinasi itu penting. Karena jangan sampai wisatawan yang jauh - jauh datang ke desa wisata, membuatnya kapok dan merasa capek perjalanan namun tidak terbayar apapun. 




Atourin, persembahan Reza untuk desa wisata

Program yang dirancang dan dijalankan Reza dan tim adalah meliputi pelatihan dan juga pendampingan untuk memasarkan produknya via marketplace, lahirlah Atourin. Atourin ini yang kemudian diapresiasi Astra dengan Reza menjadi pemenang SATU Indonesia Awards 2023. Reza melakukan pendampingan supaya mereka itu mau menerima masuknya teknologi. 


Sekarang, hampir semua menggunakan samrtphone, jangan sampai internet itu hanya digunakan untuk bermain game saja, tapi lebih keren lah hehe. Misalnya kan mereka bisa menjual produk dan juga memperkenalkan desa mereka masing - masing supaya lebih banyak yang penasaran dengan desa wisata nya. Jadi, bukan hanya untuk desa nya namun juga memberdayakan para warga nya juga. 


Penerapan digital marketingnya, Reza dan tim bekerjasama dengan warga setempat untuk dilatih dan didampingi sampai benar - benar memiliki produk, nah setelahnya produk digital itu bisa dipasarkan melalui market place khusus desa wisata, Atourin. 





Juga mendorong desa wisata ini punya paket kunjungan, sudah termasuk penginapan dan makan minum. Kemudian memasukkan melalui internet, karena hampir sebagian besar pasar desa wisata akan mengakses informasi via digital. 

Contoh sukses dari program ini, adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang ada di Bugisan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Ada yang pernah kesana?


Desa Bungisan ini dalam setahun sudah bertambah pendapatnnya sekitar 60 jutaan loh, dan juga sudah memiliki apsar sendiri. Banyak sekali turis yang datang dari berbagai negara, dan ada korporasi juga yang datang untuk membeli paket wisatanya. 




Program ini akan berkelanjutan, jadi kolaborasi antara media lokal dan program Astra di Desa Wisata serta DSA harapannya bisa membawa dampak positif. 

Kolaborasi penting banget, apalagi kan sekarang peran media sangat sentral ya, jadi menurut Reza dan tim berharap media bisa membantu memberikan informasi seputar produk - produk desa wisata yang ada di Atourin, supaya makin dikenal. Jadi, para wisatawan baik domestik atau mancanegara bisa berkunjung ke desa wisata dengan sangat mudah dan terencana baik. 


Wah, sepertinya memang menyenangkan dan memberikan pengalaman baru ya bisa berlibur ke desa wisata. Semoga program ini bisa hadirkan lebih banyak desa wisata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentarnya dimoderasi, oiya kalau komentarnya ada link hidup dengan berat hati saya hapus komentarnya yah.